Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui

Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui

Sebagian dari ibu yang baru melahirkan tentu ingin menjalani diet dalam proses menurunkan berat badannya seperti saat sebelum hamil. Padahal, ibu menyusui juga membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi sama seperti saat hamil. Kekurangan nutrisi tentu akan berdampak pada kesehatan dan asupan ASI eksklusif pada bayi. Banyak yang bertanya apakah ada aturan diet sehat ibu menyusui agar tidak berdampak pada kesehatan si kecil?

Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Diet saat menyusui sebenarnya boleh-boleh saja asalkan dengan aturan yang benar agar tidak mempengaruhi kebutuhan nutrisi si kecil dan juga ibu. Ikuti petunjuk diet sehat atau bisa langsung mengunjungi dokter agar tidak salah dalam menjalankan diet. Berikut terdapat beberapa tips dalam menjalankan diet sehat selama menyusui :

  1. Jangan membatasi konsumsi makanan

Diet dianggap sebagai aktivitas dalam membatasi konsumsi makanan namun sangat tidak baik dilakukan terutama bagi ibu menyusui. Saat hamil, ibu membutuhkan sekitar 1500-1800 kalori per hari bahkan ada yang membutuhkan lebih banyak kalori. Penurunan berat badan per minggu biasanya hanya sekitar 0,5-1 kg agar tidak mengganggu produksi ASI anda. jadi meskipun menjalani diet, tetap pastikan asupan kalori terpenuhi.

  1. Jangan langsung melakukan diet setelah melahirkan

Apabila ingin melakukan diet, jangan langsung melakukannya setelah kelahiran. Hal ini karena ibu yang baru lahir masih membutuhkan banyak nutrisi untuk menjaga kualitas dan produksi ASI serta mempercepat pemulihan tubuh setelah melahirkan. Apabila diet dilakukan langsung setelah melahirkan, hal ini dapat berdampak pada pemulihan ibu. Sebaiknya diet sehat ibu menyusui dilakukan 2 bulan setelah melahirkan.

  1. Turunkan asupan makanan secara bertahap

Apabila ingin menurunkan asupan makanan, jangan langsung secara drastis dan tiba-tiba karena akan mempengaruhi produksi ASI dan juga tubuh memberikan sinyal sebagai tanda kelaparan. Maka dari itu sebaiknya turunkan secara bertahap sembari menunggu anak yang juga mulai beranjak dewasa.

  1. Susui bayi sesering mungkin

Ibu yang sering menyusui bayi dapat meningkatkan dan mendukung produksi ASI sehingga ibu bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Pemberian ASI eksklusif juga dapat mengurangi berat badan ibu.

  1. Konsumsi makanan sehat

Diet sehat artinya ibu juga harus mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi harian tercukupi dan diet bisa tetap berjalan dengan sehat. Hindari makanan gorengan dan tingkatkan konsumsi buah dan sayuran. Sebaiknya makanan diolah dengan cara kukus atau rebus untuk mengurangi konsumsi minyak. Perbanyak makanan serat dan protein seperti ikan, tahu, tempe, daging tanpa lemak, dan lainnya serta cukupi kebutuhan air putih.

Lactamil Lactasis merupakan susu formula untuk ibu menyusui namun dapat juga dikonsumsi ibu hamil sebagai persiapan kelahiran dan menyusui. Lactamil hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan si kecil dengan kandungan sari daun katuk untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI, omega 6 untuk perkembangan otak si kecil, dan juga tinggi kalsium. Kini tidak perlu khawatir dengan asupan nutrisi saat menjalankan diet diet sehat ibu menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares