Inilah Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Membuat Orangtua Semakin Sayang

Inilah Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Membuat Orangtua Semakin Sayang

Bayi berusia 3 bulan fisiknya sudah lebih kuat, sehingga dapat mengangkat kepala hingga meraih benda apapun di dekatnya yang menarik perhatian. Tak hanya itu, si Kecil sudah mulai membangun interaksi dengan keadaan sekelilingnya. Berbagai perkembangan bayi 3 bulan lainnya juga pasti membuat orangtua antusias dan bangga, apa saja?

Si Kecil Sudah Dapat Berguling

Ketika bayi sudah menginjak usia 3 bulan, ia sudah dapat berguling dengan mudah. Siku, pinggul dan lututnya kini lebih fleksibel dan kuat sehingga bayi semakin mudah untuk mengangkat dirinya sendiri. Bahkan ia pun sudah dapat mengangkat dada serta menendang-nendangkan kakinya dengan kencang.

Untuk itulah Anda harus selalu mengawasi bayi, jangan tinggalkan si Kecil tanpa pengawasan karena ia sudah dapat menggulingkan badannya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Si Kecil Mampu Mengoordinasikan Mata dan Tangannya

Buah hati Anda kini sudah mampu mengoordinasikan mata serta tangannya dengan baik. Ia sudah dapat menutup, membuka, menyatukan tangan memasukkan mainan ke dalam mulut, hingga mampu meraih mainan yang dilihatnya.

Si Kecil Menjadi Lebih Ekspresif

Pada usia 3 bulan bayi Anda sudah lebih ekspresif dalam berkomunikasi. Tak hanya menangis, namun ocehannya terdengar lebih nyaring dan durasinya pun lebih panjang. Karena itulah Anda perlu untuk terus mengajak si Kecil berbicara. Anda dapat memperkenalkan siapa saja orang-orang yang tinggal di rumah hingga benda atau mainan apa yang ada di sekitarnya.

Si Kecil Dapat Memilih Kesukaan

Perkembangan bayi 3 bulan yang tak kalah menakjubkan adalah sudah dapat memilih kesukaan. Bayi Anda kini sudah memahami siapa saja  keluarganya dan siapa orang asing baginya.

Ia dapat memilih orang yang disukainya, dengan membalas senyuman yang diberikan kepadanya. Di usia ini bayi juga menyukai permainan yang melibatkan interaksi seperti cilukba atau bermain bersama bayi lainnya.

Tingkat Kepekaan si Kecil Meningkat

Selain dapat memilih kesukaan, indera pendengaran bayi juga semakin peka pada usia ini. Si Kecil akan terlihat senang ketika mendengarkan musik, hingga memalingkan kepala lalu tersenyum ketika ia mendengar suara orangtuanya. Bayi juga akan tertarik untuk menatap wajahnya di cermin dan menyukai sentuhan dari orangtuanya.

Bonding dengan Bayi Usia 3 Bulan

Anda dapat mencoba membangun ikatan dengan buah hati Anda yang berusia 3 bulan dengan cara ini.

  • Segera gendong dan tenangkan bayi ketika ia menangis. Hal ini baik untuk menunjukkan kepadanya bahwa Ibu akan selalu hadir untuknya.
  • Anda juga dapat menatap mata si Kecil ketika menyusui atau memberikan susu dengan botol. Memberikannya banyak perhatian dapat membuat buah hati Anda merasa nyaman dan percaya dengan Anda.
  • Biarkan bayi tidur di kamar yang sama dengan Anda, agar ikatan emosi antara ibu dan buah hati terjalin sepanjang malam.

Demikianlah perkembangan bayi 3 bulan yang wajib Anda ketahui. Tak lupa untuk selalu memenuhi nutrisi si Kecil agar tak mengganggu tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares