Cara Merawat Bibir Supaya Tetap Lembap

Cara Merawat Bibir Supaya Tetap Lembap

Bibir yang lembap dan merah tentunya didambakan oleh semua orang, terutama kaum hawa. Cuaca yang kering, dingin, dehidrasi, ditambah kurangnya nutrisi merupakan faktor yang sering jadi penyebab bibir kering. Bibir kering dan pecah-pecah pasti membuat pengidapnya kurang nyaman, lebih rentan terluka dan membuat penampilan terganggu. Bibir kering merupakan tanda bahwa bibir tidak terhidrasi atau kurang lembap. Lebih lagi bibir tidak mempunyai kelenjar minyak seperti kulit, sehingga bibir tidak sanggup melumasi diri sendiri. Jika Anda mengalami bibir kering, coba atasi menggunakan perawatan berikut di bawah ini:

Gunakan Pelembab Udara untuk Mencegah Kulit Kering

Dilansir dari Self, sel-sel kulit mempunyai faktor pelembap alami yang bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan membuat bibir tidak kering dan pecah-pecah. Tetapi, pelembap alami ini tidak sama pada setiap orang, sebab masing-masing orang memiliki jenis kulit yang tidak sama. Orang yang mempunyai kulit kering memiliki jumlah pelembap lebih sedikit, sedangkan orang dengan kulit berminyak mempunyai lebih banyak pelembap.

Saat ruangan mengandung kelembapan udara yang kurang, kelembapan pada kulit akan menguap lebih cepat dan mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah. Gunakan pelembap udara untuk membantu menambah kelembapan udara, sehingga membantu kulit dan bibir selalu lembap.

Minum Air Putih yang Cukup

Jumlah air yang dikonsumsi berpengaruh pada tingkat kelembapan tubuh, termasuk bibir. Saat jumlah air pada tubuh Anda kurang memadai, maka produksi air liur berkurang. Kurangnya produksi air liur mengakibatkan bibir terasa kering. Usahakan minum dua gelas air sebelum makan dan setidaknya delapan gelas dalam satu hari.

Sebenarnya Anda dapat memilih cairan apapun agar menghidrasi tubuh, namun air putih tetap jadi pilihan terbaik. Hindari konsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein. Kafein bersifat diuretik yang bisa mendorong cairan keluar dari tubuh, sehingga Anda lebih cepat dehidrasi yang kemudian menimbulkan bibir kering.

Gunakan Lipbalm Supaya Bibir Tetap Lembap

Lipbalm adalah cara instan untuk mengembalikan kelembapan pada bibir. Pastikan memilih lip balm dengan kandungan tepat. Melansir Healthline, lip balm yang memiliki kandungan mentol atau bumbu mint justru bisa membuat bibir pecah-pecah dan lebih kering dibanding sebelumnya. Hindari produk bibir yang memiliki aroma karena bahan ini juga dapat mengeringkan bibir. Cari lip balm yang memiliki kandungan bahan-bahan yang melembapkan dan menenangkan, seperti cocoa butter, shea butter, coconut oil atau almond oil.

Jangan Merokok Agar Kulit Sehat

Asap tembakau bisa mengiritasi kulit sensitif pada sekitar bibir, sehingga membuatnya mengering dan jadi cenderung pecah. Merokok juga bisa menimbulkan masalah lain pada mulut, seperti sariawan dan sakit gusi. Jadi, jika Anda merokok lebih baik hentikan kebiasaan tersebut. Untuk Anda yang tidak merokok, jangan pernah untuk mulai mencoba kebiasaan ini.

Jangan Sering Menjilat Bibir

Saat bibir kering, mungkin Anda cenderung suka menjilat bibir sendiri. Alih-alih ingin membuat bibir lembap, menjilat bibir malah membuat bibir tambah kering. Air liur memiliki kandungan enzim untuk membantu mencerna makanan. Enzim ini yang membuat bibir Anda tambah kering. Jadi, jangan menjilat bibir saat bibir sedang kering. Waktu Anda merasa bibir mulai mengering, lebih baik langsung minum air putih untuk membuat hidrasi tubuh Anda kembali.

 

Bibir Merah Alami Tanpa Lipstik

Mengoleskan lipstik warna pink atau merah sering dilakukan wanita agar meningkatkan rasa percaya diri. Pasalnya, tidak sedikit wanita merasa penampilannya jadi lebih sempurna sesudah mengoleskan lipstik pada bibir. Apa Anda salah satunya? Untuk sebagian orang, lipstik mungkin jadi salah satu item kosmetik yang sangat dicintai.

Tetapi tidak jarang orang-orang memakai lipstik disebabkan merasa kurang percaya diri dengan warna bibir alami mereka. Bila itu yang terjadi, tentu menyenangkan sekali bila Anda tidak harus lagi mengoleskan lipstik dengan tebal hanya supaya rasa percaya diri meningkat. Tidak perlu khawatir, karena bibir pink merona ternyata dapat diraih dengan cara mudah.

Ada sejumlah kebiasaan yang dapat mengakibatkan bibir kehilangan warna alaminya, yakni warna pink yang indah. Tidak hanya itu, bila tidak dirawat dengan baik, bibir dapat jadi kasar, kering, sampai pecah-pecah. Semua kondisi ini dapat mengakibatkan bibir tampak kusam sehingga warna alami pada bagian tubuh itu bisa tertutupi.

 

Gunakan Lip Mask untuk Bibir Lebih Sehat

Salah satu kunci supaya bibir cantik dan merona yaitu dengan menjaga kesehatannya. Anda dapat memakai masker bibir supaya melembapkan dan mencegah bibir kering, pecah-pecah dan masalah lainnya. Sekarang ini, telah banyak produk kecantikan perawatan bibir yang hadir di pasaran. Tetapi bila bingung, Anda dapat menggunakan bahan alami agar bisa membuat masker bibir sendiri. Tentu cara alami tersebut lebih baik dibandingkan dengan bahan-bahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares