Manfaat Kopi Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Kopi hijau merupakan biji kopi yang tidak melewati proses pemanggangan agar tidak mengurangi jumlah asam klorogenat. Maka dari itu tingkat asam klorogenat pada biji kopi hijau akan lebih tinggi dibandingkan kopi biasa yang melewati proses pemanggangan. Asam klorogenat dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ekstrak kopi hijau memang sering diminum untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit yang ringan. Komponen utama dalam kopi hijau yang bermanfaat yaitu asam klorogenat dan kafein namun ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.

Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian yang diterbitkan di BMC Complementary and Alternative Medicine pada bulan Maret 2006, mengonsumsi suplemen harian ekstrak biji kopi hijau ternyata dapat mengurangi berat badan dan lemak dalam tubuh bahkan komposisi lemak di hati.

Asam klorogenat dan kafein merupakan senyawa utama yang berperan penting dalam membantu penurunan berat badan. Karena tidak dipanggang, biji kopi hijau yang mengandung asam klorogenat tinggi ini mudah diserap dan dicerna oleh manusia seperti pada ekstraknya.

Kopi Hijau Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Clinical and Experimental Hypertension pada tahun 2006 menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi sehari menunjukkan adanya penurunan tekanan darah.

Pasien yang mengonsumsi ekstrak biji kopi tersebut juga tidak mengalami efek samping sehingga aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, kopi hijau juga dapat menurunkan darah tinggi karena kandungan asam klorogenatnya dapat mengurangi tekanan darah.

Kopi Hijau Dapat Meningkatkan Mood

Kandungan kafein di dalam teh hijau dapat memberikan efek positif dalam meningkatkan suasana hati dan aktivitas otak. Beberapa studi juga telah membuktikan bahwa kafein mampun meningkatkan memori, fokus, reaksi waktu, kewaspadaan, dan ketahanan tubuh serta hal-hal lain yang berhubungan dengan kinerja kognitif. Asupan kopi hijau yang optimal per hari yaitu 38-400 mg atau 1/3 cangkir untuk 4 cangkir kopi seduh.

Kopi Hijau Mengandung Zat Antioksidan

Biji kopi hijau mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas agar tidak merusak sel dan jaringan tubuh. Dengan ini maka tubuh akan lebih sehat bahkan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya. Namun tentu harus dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Dengan kebaikan kopi hijau dari Nescafe Green Blend yang merupakan perpaduan antara kopi, gula, krimer, dan ekstrak natural kopi hijau. Nikmati krimer yang lembut serta takaran gula yang pas mampu menghasilkan cita rasa yang nikmat untuk setiap tegukan kopi hijau. Anda bisa menikmati cita rasa kopi hijau yang alami dan sederhana dengan memberikan segala manfaat yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares