5 Olahan Sayur Lezat untuk Mencegah Kolesterol

5 Olahan Sayur Lezat untuk Mencegah Kolesterol  

Makan sayuran lebih baik dibiasakan sejak kecil. Namun, terkadang makan sayur yang diolah dengan cara-cara biasa seperti tumis, kukus, atau dimasak sebagai sup membuat bosan sehingga selera makan sayur rendah. Padahal, sayur merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit kolesterol.

Olahan Sayur yang Tidak Membosankan

Sayur yang diolah dengan berbagai cara bisa membangkitkan selera makan. Selain itu, mengonsumsi sayur mentah akan lebih baik untuk kesehatan dibandingkan sayur yang sudah dimasak. Untuk mengonsumsi sayur mentah, Anda bisa mulai memilih sayuran yang organik.

Pastikan sayur dicuci dengan air mengalir agar sisa-sisa tanah bersih. Jika perlu, gunakan sikat dengan permukaan bulu yang lembut untuk membersihkan sayuran. Langkah terakhir, bilas dengan air matang.

Agar tetap semangat dan tidak bosak mengonsumsi sayur, berikut beberapa olahan sayuran yang bisa Anda coba:

1.     Salad Sayur

Salad sayur bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk camilan ataupun menu utama saat Anda sedang diet. Pilihlah sayuran organik agar lebih aman dimakan dan juga tidak terlalu sama mencuci ataupun mengolahnya.

Dressing salad sayur sebaiknya tidak menggunakan mayones agar tetap terasa kesegarannya. Buatlah dressing dari minyak zaitun atau cuka yang tidak mengandung banyak kalori.

2.     Jus Sayuran

Sayuran tidak selalu harus dimasak atau dimakan, tetapi juga bisa diminum menjadi jus. Mencerna minuman tentu akan lebih cepat dibandingkan harus mengunyahnya, karena bisa langsung sekali telan.

Agar rasa jus tetap lezat, tambahkan perasan lemon, daun mint, dan madu. Untuk mendapat rasa manis, Anda juga bisa menambahkan buah seperti apel, pir, atau nanas yang manis. Gunakan sayuran organik yang telah dicuci dengan bersih. Tambahkan es batu agar jus sayuran lebih segar.

3.     Spring Roll Sayuran

Makan sayur segar dan mentah memang menjadi cara untuk mencegah penyakit kolesterol. Jika Anda bosan dengan salad sayur, Anda bisa mencoba untuk membuat spring roll sayuran. Spring roll merupakan makanan yang dikenal di beberapa negara seperti Vietnam, Singapura, atau Malaysia.

Spring roll mirip dengan penyajian lumpia. Namun, spring roll tidak digoreng, menggunakan sayuran segar, dan kulitnya menggunakan kertas nasi (rice paper). Selain sayur, isian spring roll bisa ditambah dengan daging rebus seperti daging ayam dan udang.

Jika Anda ingin menambah daging ayam, pilihlah bagian yang tidak berlemak kemudian masak dengan cara direbus.

4.     Dimasak dengan Oatmeal

Sayuran bisa dipadu padankan dengan oatmeal. Tambahkan sayur pada oatmeal yang dimasak. Anda bisa membumbui dengan kaldu sayur atau kaldu daging. Masak sayur sebentar sesaat oatmeal akan matang agar sayur tidak over cooked.

5.     Sajikan dengan Lettuce Wrap

Cara lain agar makan enak sayur dengan enak adalah menyajikan lettuce wrap. Untuk cara ini, pertama Anda masak isian yang akan dibungkus dengan daun selada. Isian ini bisa tumisan atau rebusan daging maupun masakan vegetarian dari jamur. Pastikan daging yang Anda pilih bebas lemak. Setelah isian matang, taruh isian tersebut di atas daun selada segar kemudian gulung dan langsung dimakan.

Cara untuk mencegah penyakit kolesterol tidak harus dengan hal rumit. Cegah penyakit kolesterol dengan cara yang enak sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan olahan masakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares