5 Jenis Sayur yang Dilarang untuk Ibu Hamil

5 Jenis Sayur yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Sayur yang dilarang untuk ibu hamil ternyata ada banyak jenisnya. Sayur memang menjadi salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan gizi pada sayur sangat dibutuhkan tak hanya untuk ibu tapi juga calon bayi. Namun, tidak semua sayur aman untuk dikonsumsi.

Sayur yang harus ibu hamil hindari

Berikut adalah 5 jenis sayur yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil.

1.     Daun Pepaya

Olahan jenis daun ini memang mudah menggoda selera makan. Meskipun memiliki sensasi rasa pahit, namun tak sedikit orang yang gemar mengonsumsi daun pepaya. Sayangnya ibu hamil tidak disarankan untuk memakan olahan daun pepaya.

Menurut publikasi Asian Research Journal of Gynaecology and Obstetrics, daun pepaya mengandung zat aktif yang bersifat racun bagi rahim. Agar lebih aman, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi daun pepaya terlebih dahulu.

2.     Pepaya Muda

Sama seperti daunnya, daging pepaya muda juga biasanya diolah menjadi makanan yang disukai banyak orang. Namun, ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi olahan dari pepaya muda. Pepaya muda diketahui mengandung getah yang bisa memicu terjadinya kontraksi rahim.

Pepaya muda juga memiliki kandungan papain yang bisa menginduksi persalinan. Zat ini akan dikenal oleh tubuh sebagai prostaglandin dan bisa menimbulkan rangsangan kontraksi. Supaya aman, lebih baik makan pepaya matang yang manis dan segar saja.

3.     Pare

Salah satu jenis sayur yang dilarang untuk ibu hamil adalah pare. Sayur yang dikenal punya rasa pahit ini ternyata bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi ibu hamil. Konsumsi pare dapat mengakibatkan sakit perut, kram, hingga diare. Apalagi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Konsumsi pare ternyata juga bisa menyebabkan penurunan gula darah secara drastis. Kondisi ini tentu tidak akan baik bagi ibu hamil. Sangat dianjurkan untuk memilih jenis sayur lainnya saja.

4.     Tauge

Jenis sayuran berikutnya yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil adalah tauge. Alasan tauge tidak disarankan bagi ibu hamil adalah karena sayuran ini memiliki ukuran kecil dan sulit dibersihkan. Apalagi jika tauge disemprot pestisida sehingga akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

5.     Lalapan Mentah

Beragam jenis sayuran yang disajikan mentah sebagai lalapan juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil. Timun, selada, tomat, tauge, semua lalapan yang mentah sebaiknya tidak dikonsumsi dulu karena terlalu berisiko. Apalagi jika Anda mengonsumsinya di luar rumah yang kebersihannya tentu meragukan.

Pestisida yang menempel pada sayuran tersebut mungkin masih menempel walaupun sudah dicuci bersih. Lebih disarankan untuk mengonsumsi sayuran yang sudah diolah secara matang dan terjamin kebersihannya.

Itulah tadi beberapa jenis sayur yang sebaiknya dihindari saat hamil. Jangan lupa, baca juga beragam artikel seputar bayi untuk mempersiapkan diri Anda menyambut kehadiran sang buah hati tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares